Rabu, 26 Januari 2011

Kolam Kristal : Cenote Yucatan Mexico

Cenote Yucatan MexicoMetrotainment.net – Di sebuah hutan yang lebat di daerah semenanjung Yucatan di Meksiko, tidak disangka telah menyimpan sebuah fenomena alam yang cukup menakjubkan.

Tersebar ribuan kolam Kristal yang cukup misterius berada di hutan ini.

Menurut sebuah laporan dari Reuters, para ilmuwan yang berasal dari Amerika Serikat, belum lama ini telah menemukan kolam Kristal tersebut, yang ternyata membuka sebuah kenyataan yang sesungguhnya, bahwa adanya dunia air bawah tanah.

Ribuan kolam Kristal ini telah membentuk suatu dunia air bawah tanah yang misterius.

Cenote Yucatan Mexico

Cenote Yucatan Mexico

Para peneliti Amerika Serikat dan para penjelajah yang menemukan kolam Kristal ini, melakukan penelitian dengan membawa perlengkapan yang cukup, seperti membawa tabung oksigen, lampu kedap air dan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan penyelaman.

Hasil dari penyelidikan ini diketahui, bahwa sesungguhnya kolam Kristal ini merupakan sebuah lubang bebatuan yang terbentuk dari gamping (batu kapur) yang terkikis oleh air hujan yang permanen dan membentuk sebuah bunga karang yang tampak seperti Kristal karena kelihatan sangat jernih dan bening.

Menurut para peneliti itu, jika kita berenang di dalam kolam itu, kita akan merasa bahwa kita sedang melayang di angkasa. Kedalaman yang paling dangkal dari kolam itu mencapai 1 meter dan yang paling dalam tidak berdasar. Para peneliti itu pernah menyelam hingga kedalaman 160 meter dan anehnya kolam itu tidak mempunyai sebuah dasar.

Menurut cerita, bangsa Maya kuno menganggap kolam – kolam ini merupakan pintu masuk menuju ke alam bawah tanah.

Bangsa Maya kuno menganggap kolam ini sebagai kolam suci dan mereka memasukkan perhiasan seperti emas untuk memuja roh para leluhur.

Cenote Yucatan Mexico

Cenote Yucatan Mexico

Bangsa Maya kuno menduduki status yang cukup penting dalam kehidupan sehari – hari. Selain lubang ini merupakan sumber air yang cukup bagi mereka, kolam ini juga dijadikan tempat pemandian.

Hingga sekarang, sejumlah desa yang jauh terpencil di semenanjung Yucatan ini, masih sangat bergantung dengan air yang berasal dari kolam Kristal ini.

Cenote Explorations Playa Del Carmen, Yucatan, Mexico

Cenote Explorations Playa Del Carmen, Yucatan, Mexico

Keyakinan spiritual bangsa Maya juga menganggap kolam Kristal ini dihuni oleh “Dewa Hujan”, jadi mereka kadang melakukan ritual khusus di kolam ini untuk memanggil hujan. Bangsa Maya beranggapan, bahwa hujan dilangit adalah hasil dari kunjungan dari sang “Dewa Hujan”.

Mereka juga beranggapan, hanya dengan “hadiah” saja “Dewa Hujan” akan datang. Dalam ritual pemanggilan hujan ini bangsa Maya Kuno bahkan tidak segan – segan untuk menenggelamkan seorang gadis cantik yang terpilih dalam suku mereka untuk dijadikan “hadiah” untuk menyenangkan sang dewa.

Cenote Yucatan Mexico

Cenote Yucatan Mexico

Masyarakat setempat terus melegendakan cerita dari kolam Kristal ini, bahwa di dunia air bawah tanah yang misterius itu, terdapat setumpukan tulang belulang, dan emas yang membentuk seperti gunung.

Gregorius Prima Bahtera Legowo

Sumber : Berbagai Sumber



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar