Rabu, 09 Februari 2011

Pertama Kali, Penjualan Smartphone Kalahkan PC


- Pertama kali smartphoneseperti iPhone berhasil melampaui penjualanpersonal computer (PC). Ini disebabkan hargasmartphone menurun drastis. Seperti apa?
Di seluruh dunia, produsen perangkat elektronik mengapalkan sekitar 100,9 juta smartphone di kuartal terakhir 2010. Jumlah yang meningkat 87% dari kuartal yang sama tahun sebelumnya. Di sisi lain, pengapalan PC memburuk dari perkiraan. Di kuartal terakhir 2010, penjualan hanya meningkat 3% menjadi 92,1 juta PC.
"Dua tren ini sebenarnya tidak terlalu berhubungan," ujar analis lembaga penelitian IDC Ramon Llamas.
Smartphone dan PC menyediakan fungsi berbeda. Bahkan, sebagian besar konsumen membutuhkan keduanya bersamaan. PC memenuhi kebutuhan utama seperti menulis materi, edit foto dan menciptakan beberapa konten. Penjualan PC tampaknya terganggu oleh kompetitor mereka, komputer tablet. iPad dari Apple, misalnya.
Di sisi lain, penjualan smartphone meningkat drastis karena harga produk yang menurun dan ketertarikan konsumen dengan perangkat lunak Android dari Google. Beberapa produsen smartphone memanfaatkan perangkat lunak ini seperti HTC Corp, Samsung Electronics Co. Ltd, Motorola Mobility Holdings Inc dan lainya.
"Android terus menjejakkan kaki ke lingkup lebih luas sehingga membantu peningkatan pangsa pasarsmartphone," kata Lliamas.
Masyarakat lebih sering mengganti ponsel mereka daripada komputer. Konsumen biasanya mengganti komputer setiap tiga sampai lima tahun. Di sisi lain, pengguna ponsel biasanya beralih ke merek baru setelah dua tahun pemakaian.

Sumber : teknologi.inilah


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar